Tips Jika Ketinggalan Pesawat, Harus Bagaimana?

Home > Travel Tips > Tips Jika Ketinggalan Pesawat, Harus Bagaimana?

Berikut Tips Jika Ketinggalan Pesawat, Harus Bagaimana? yang di kutip dari ' travel.detik '


Jakarta - Walaupun tidak bisa diprediksi, tak jarang traveler mengalami ketinggalan pesawat saat di bandara. Jangan panik, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dilakukan agar agenda traveling Anda tidak hangus begitu saja.

Ketinggalan pesawat. Insiden itu cukup familiar di kalangan traveler, mungkin Anda juga pernah merasakannya. Bagi warga Jakarta misalnya, insiden ketinggalan pesawat bukan hal yang baru lagi. Perjalanan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta membutuhkan usaha yang cukup keras, mengingat kemacetan yang dilewati cukup akut.

Ada beberapa hal yang perlu diingat traveler agar tidak ketinggalan pesawat. Salah satunya, imbauan dari pihak Angkasa Pura untuk datang minimal 2 jam sebelum keberangkatan pesawat.

"Adalah tugas Angkasa Pura menginformasikan kepada calon penumpang maskapai untuk datang 2 jam sebelum keberangkatan. Karena di Indonesia, hal-hal seperti kemacetan kan sudah biasa. Belum lagi harus check in dan sebagainya," tutur Corporate Secretary Angkasa Pura II, Trisno Heryadi saat dihubungi detikTravel, Kamis (13/12/2012).

Lalu bagaimana kalau Anda tetap ketinggalan pesawat?

Jangan panik. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melapor ke counter maskapai penerbangan. Trisno mengatakan, ada 2 kemungkinan tergantung tiket yang Anda punya saat itu.

"Kalau punya tiket dengan harga normal fare, bisa digunakan lagi untuk penerbangan setelahnya. Tapi kalau beli yang promo, harus beli lagi tiket penerbangan selanjutnya," tambah Trisno.

Hal serupa diungkapkan Ikhsan Rosan, Public Relations Garuda Indonesia. Kata Ikhsan, traveler yang ketinggalan pesawat bisa langsung melapor untuk dioper ke penerbangan selanjutnya.

"Pesawat kan frekuensinya banyak, jadi bisa dioper ke penerbangan selanjutnya tergantung penuh atau tidaknya. Bisa jadi pesawat penuh, tapi ada penumpang yang cancel," tutur Ikhsan saat dihubungi detikTravel.

Lalu bagaimana kalau pesawat berikutnya penuh? Kalau hal itu terjadi, lanjut Ikhsan, penumpang otomatis masuk waiting list. Pihak maskapai akan memprioritaskan Anda kalau ada bangku kosong di penerbangan berikutnya. Kalau imbauan datang 2 jam sebelum keberangkatan pesawat agaknya memberatkan, Anda bisa check in via internet atau telepon.

"Kalau nggak bisa datang 2 atau 1 jam sebelum keberangkatan tapi yakin masih bisa tepat waktu, coba saja online atau telephone check-in. Kalau sudah begitu, penumpang bisa datang 40 menit sebelum boarding," tambahnya.

sumber :
http://travel.detik.com/read/2012/12/13/150850/2117719/1383/ketinggalan-pesawat-harus-bagaimana?v33031381
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Tiket Pesawat dan Penerbangan Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...