Informasi Airport Tax - Pajak Bandara dari beberapa kota di Asean menuju Jakarta

Home > Travel Tips > Informasi Airport Tax - Pajak Bandara dari beberapa kota di Asean menuju Jakarta

Berikut Informasi Airport Tax - Pajak Bandara dari beberapa kota di Asean menuju Jakarta yang di kutip dari ' berbagai sumber '


Berapa tax yang harus kita siapkan untuk melakukan perjalanan ke luar dan kembali kedalam negeri? Kalau dari Jakarta Rp. 150.000,- di bayar di tempat, kalau dari Bandung, airport taxnya Rp. 75.000,- di bayar di tempat juga.

Kalau kita perhatikan bahwa di tiket AA dari kota di Indonesia biasanya tidak dicantumkan tiket airportnya, jadi pembelian tiket belum termasuk air port tax, jadi kita kudu siapkan dana buat bayar tax ini.

Kalau dari Singapore kembali ke Bandung atau kota-kota lainnya kita tinggal cek in / masukin bagasi tanpa ada biaya airport tax lagi, karena airport tax sudah termasuk saat pembelian tiket pesawat (silahkan lihat lagi tiket pembeliannya), mohon koreksi kalau saya salah.

Demikian juga ke Jakarta dan kota lainnya di Indonesia, biasanya AA sudah memasukan tax bandara ke dalam tiket, jadi sebenarnya bisa terjawab mengapa tiket pergi (misal dari Bandung ke Singapore) harga total-nya berbeda dengan tiket kembali (Singapore รข€“ Bandung) walau harga dasarnya sama. Perbedaan ini karena dari biaya tax airport berbeda di setiap kota.

Perihal airport tax ini, walau tidak terlalu menonjol tapi ternyata lumayan besar nilainya, jadi saat membuat itinerary perjalanan, ada tips untuk menekan bujet pengeluran. Contoh misal kita hendak ke Malaysia, Vietnam, Cambodia dan Thailand. Kemudian kita berencana hendak menggunakan jalan udara dan darat, upayakan lihat airport tax mana yang lebih murah dari kota yang hendak tinggalkan.

Kalau rancangannya ke kota di Malaysia, Vietnam, Cambodia dan Thailand, lebih baik masuk dulu via HCMH kemudian Phnom Penh (via darat) lanjut ke Bangkok, ke KL via darat dan ke tanah air via bandara LCCT/KLIA maka tax yang kita keluarkan jauh lebih murah daripada rute sebaliknya.

Tetapi tips di atas hanya gambaran saja, karena kalau dapat tiket murah dari kota sebaliknya kenapa tidak?, jadi intinya kalau ingin menekan bujet cobalah mencari berbagai kemungkinan jika menyusun itinerary.

Di bawah ini gambaran berapa airport charges serta fee dari pembelian tiket pesawat. Saya contohkan pembelian tiket (non promo) dari beberapa kota di negara Asean menuju kota Jakarta untuk keberangkatan tanggal (17 dan 18 Juni 2012. Untuk nilai tukar saya asumsikan di kisaran Rp. 9100-an, (saya pilih acak).
  • Dari HCMH total tax & fee 40 USD (Rp 370 rb-an)
  • Dari BKK total tax & fee 1150 THB (Rp 340 rb-an)
  • Dari Penang total tax & fee 1000 THb (Rp 295 rb-an)
  • Dari Changi Singapore total tax & fee 36 SGD (Rp. 260 rb-an)
  • Dari Kuala Lumpur total tax & fee 58 MYR (Rp 170 rb-an)
Angka di atas mungkin akan berbeda jika Anda membeli tiket promo, tetapi pada dasarnya pajak bandara atau airport tax tidak mendapat harga promo layaknya tiket pesawat, jadi kalau ada tiket promo Rp. 0 rupiah atau benar-benar Rp 5000,- misalnya artinya itu belum dengan tax bandara.

Jadi rasanya tidak masuk akal kalau orang yang mendapat tiket promo benar-benar dapat Rp. 5000,- misalnya, karena tax bandara di mana-mana ngga ada yang promo apalagi di Indonesa, terkecuali Anda bepergian dengan teman Anda dan Anda masuk nyelusup ke Tas!!

sumber :
http://groups.yahoo.com/group/ibackpackerclub/message/13098
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Tiket Pesawat dan Penerbangan Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...