Kisah agen rahasia Korut yang meledakkan pesawat Korsel

tikets-pesawat.blogspot.com > berita penerbangan > Kisah agen rahasia Korut yang meledakkan pesawat Korsel

Kisah agen rahasia Korut yang meledakkan pesawat Korsel - Kim Hyun-Hui tidak terlihat seperti seorang pembunuh massal. Ibu dua anak berusia 51 tahun itu memiliki senyum yang lembut dan suara pelan.

Kini ia tinggal di sebuah tempat terpencil yang dirahasiakan di Korea Selatan. Ia khawatir pemerintah Korea Utara masih ingin membunuhnya, dan dengan alasan yang tepat. Kim Hyun-Hui pernah menjadi agen rahasia Korea Utara. Dua puluh lima tahun silam, atas perintah Pyongyang, ia meledakkan sebuah pesawat Korea Selatan.

Berita dan Informasi [ penerbangan ]

Seusai mengikuti pelatihan selama enam tahun, pada 1987 Hyun-Hui yang berusia 25 tahun menjalani misi besar pertamanya.

"Saya diperintahkan untuk menjatuhkan pesawat Korea Selatan sebelum Olimpiade Seoul," kata Hyun-Hui pada wartawan BBC Rupert Wingfield-Hayes. "Ia mengatakan hal itu akan mengakibatkan kekacauan besar di Korea Selatan."

Kim dan rekannya naik pesawat dari Baghdad dan meletakkan koper berisi bom di loker atas dalam kabin penumpang. Saat transit di Abu Dhabi, kedua agen itu melarikan diri. Beberapa jam kemudian, bom meledak di atas Laut Andaman dan menewaskan 115 penumpang.

Ingin dimaafkan
Namun keduanya berhasil terlacak dan tertangkap di Bahrain. Rekannya bunuh diri dengan rokok sianida tapi Hyun-Hui gagal mencabut nyawanya sendiri. Ia diterbangkan ke Seoul dan dipertontonkan di hadapan media internasional.

"Saat itu saya yakin mereka akan membunuh saya," katanya. Setelah sempat bungkam dalam interogasi, Hyun-Hui akhirnya mengakui perbuatannya. "Saya sangat takut keluarga saya di Korea Utara akan berada dalam bahaya jika saya buka mulut," kata dia.

Dalam pengakuannya, ia menegaskan bahwa perintah peledakan pesawat datang langsung dari pemimpin Korea Utara saat itu Kim Il-Sung atau calon penerusnya, Kim Jong-Il. Kini ia menghabiskan hidup dalam kesendirian dan berharap keluarga para korban memaafkan perbuatannya.

Sepanjang wawancara, Hyun-Hui tampak sangat tenang tetapi ia menangis saat menjawab pertanyaan mengenai nasib keluarganya. "Saya tidak tahu apa yang terjadi pada mereka," kata dia. "Saya dengar orang melihat mereka dibawa dari Pyongyang ke kamp kerja paksa."

Kim Hyun-Hui mengatakan menyesal dilahirkan di Korea Utara.

sumber :
http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2013/04/130422_agenrahasia_korut.shtml

tikets-pesawat.blogspot.com > berita penerbangan > Kisah agen rahasia Korut yang meledakkan pesawat Korsel
Tags:

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Tiket Pesawat dan Penerbangan Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...