Beragam Cara ke Makassar yang Harus Anda Tahu

tikets-pesawat.blogspot.com > travel tips > Beragam Cara ke Makassar yang Harus Anda Tahu

Beragam Cara ke Makassar yang Harus Anda Tahu - Makassar tak sekadar Fort Rotterdam dan Pantai Losari saja. Banyak tempat wisata sejarah, alam sampai kuliner di ibukota Sulsel ini. Berkunjung ke Makassar, ini aneka transportasi yang bisa dipilih wisatawan.

Dihimpun detikTravel, Kamis (21/3/2013), berikut aneka transportasi menuju Makassar lengkap dengan kisaran harganya:

Berita dan Informasi [ penerbangan ]

1. Pesawat
Seiring menjamurnya maskapai penerbangan murah di Indonesia, pesawat jadi alat transportasi favorit wisatawan. Beruntung, Bandara Internasional Sultan Hassanuddin telah mengalami renovasi besar-besaran sehingga disebut-sebut menjadi yang terkeren se-Indonesia.

Banyak maskapai yang terbang dari dan menuju bandara ini. Garuda Indonesia, Lion Air, Merpati Airlines, Sriwijaya Air, Citilink dan AirAsia menyuguhkan penerbangan domestik. Wisatawan bisa naik penerbangan langsung dari Jakarta, Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Kendari, Palu, Manado, Gorontalo, Ambon, Ternate, Manokwari, Sorong, dan Jayapura. Sementara rute internasional tersedia oleh maskapai AirAsia dengan tujuan Singapura dan Kuala Lumpur.

Beberapa pesawat perintis juga mendarat di bandara ini, seperti Express Air, Wings Air, dan Sabang Merauke Air Transport. Pesawat-pesawat perintis ini mayoritas menghubungkan Makassar dengan beberapa wilayah di Indonesia timur.

Harga pesawat tergantung rute dan musim liburan. Anda yang berangkat dari Jakarta misalnya, bisa naik maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Merpati Airlines, Sriwijaya Air, Citilink, dan AirAsia dengan harga mulai dari Rp 488.000. Harga tersebut adalah hasil pencarian di situs wego.co.id untuk penerbangan hari Jumat (14/4).
2. Kapal PELNI
Pelabuhan Makassar adalah tujuan bagi traveler yang menyambangi Makassar naik transportasi laut. Beruntung, lebih dari setengah rute kapal PELNI melewati pelabuhan ini. Mayoritas kapal berlabuh dari Surabaya, Jakarta, Kaltim, Ambon, dan Papua.

Untuk tujuan langsung Makassar, traveler asal Jakarta bisa naik kapal Ganda Dewata RORO. Harga tiketnya mulai dari Rp 339.500-952.000 per orang.

Beberapa kapal lain melambung ke beberapa kota baik itu sebelum atau setelah mencapai Makassar. Kapal Kambuna dengan rute Padang-Jakarta-Bitung melewati Makassar dengan harga tiket mulai dari Rp 132.000. Ada juga Kapal Sirimau dengan rute Kuala Enok-Jakarta-Kupang dengan harga tiket mulai dari Rp 85.000. Jadwal lengkapnya bisa dilihat di situs PELNI yakni www.pelni.co.id.
3. Bus & Kijang
Bus dan kijang adalah dua transportasi darat yang menghubungkan Makassar dengan beberapa kota lain di Sulawesi. Ada 3 terminal besar di Makassar, yakni Terminal Daya, Terminal Mallengkeri, dan Terminal Sungguminasa.

Terminal Daya berlokasi di sebelah timur Makassar, persis ke arah Bandara Sultan Hassanuddin. Di terminal ini ada bus dan kijang dengan tujuan arah utara seperti Pare-pare, Sangkang, dan Rantepao. Bus melayani rute yang lumayan jauh, sementara kijang melayani rute lebih pendek. Harga busnya mulai dari Rp 25.000 (3 jam menuju Pare-pare) sampai Rp 80.000 yakni bus VIP Bintang Prima menuju Rantepao.

Terminal Mallengkeri berlokasi sekitar 19 Km selatan pusat kota. Dari sini, wisatawan bisa naik bus menuju tenggara Makassar termasuk Bulukumba dan Pantai Bira. Terakhir adalah Terminal Sungguminasa yang punya rute ke berbagai daerah, mayoritas bus berangkat pagi sebelum pukul 08.00 Wita.
sumber :
http://travel.detik.com/read/2013/03/21/081142/2199601/1382/beragam-cara-ke-makassar-yang-harus-anda-tahu?991104topnews
Tags:

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Tiket Pesawat dan Penerbangan Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...