Pesawat Perintis Berhenti, Warga Perbatasan Protes

tikets-pesawat.blogspot.com > berita penerbangan > Pesawat Perintis Berhenti, Warga Perbatasan Protes

Pesawat Perintis Berhenti, Warga Perbatasan Protes - Samarinda - Seratusan warga pedalaman dan perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Timur berunjuk rasa di Bandara Temindung, Samarinda, Rabu, 3 April 2013. Mereka menuntut layanan penerbangan perintis diaktifkan sebagai satu-satunya transportasi menuju ibu kota provinsi Samarinda.

Penerbangan perintis dari Samarinda ke Long Ampung, Malinau, Malaysia, terhenti sejak awal tahun 2013. Penerbangan tak beroperasi lantaran subsidi ongkos angkut tak disetujui.

Berita dan Informasi [ penerbangan ]

"Kami sudah lelang dan pemenangnya Aviastar, tapi anggaran ini masih diberi tanda bintang, yang artinya belum dapat persetujuan pemerintah," kata Kepala Bandara Temindung Samarinda, Sulaiman, Rabu, 3 April 2013.

Subsidi ongkos angkut untuk penerbangan ke pedalaman dan perbatasan diusulkan senilai Rp 30 miliar. Jalur penerbangan yang mendapat subsidi, yakni jalur Samarinda-Long Ampung/Malinau dan Samarinda-Data Dawai, Kabupaten Kutai Barat. Selama penerbangan subsidi belum beroperasi, warga pedalaman dan perbatasan yang tak lain suku Dayak dilayani penerbangan reguler. Harga tiket pesawat nya nyaris enam kali lipat. "Dengan subsidi, tak lebih dari Rp 300 ribu, kalau reguler Rp 1,7 juta," kata Sulaiman.

Fendi Merru, salah seorang demonstran, mengungkapkan, mahalnya harga tiket pesawat membuat penerbangan ke Samarinda hanya bisa dijangkau sebagian orang berpunya. Padahal, untuk layanan kesehatan memadai, warga Apau Kayan, Malinau, memilih berobat ke Samarinda. Selain itu, dengan transportasi pesawat, pasokan kebutuhan hidup terpenuhi. "Kami juga menuntut ilmu di Samarinda jadi terganggu," kata dia.

Akibat macetnya penerbangan subsidi, menurut Fendi Merru, terjadi kelangkaan sembako di daerah perbatasan. Jika ada, kata dia, harga tiket pesawat nya selangit.

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Timur, Zairin Zain, pun mengaku tak bisa berbuat banyak. Menurut dia, masalah pencairan dana subsidi ongkos angkut selalu bermasalah setiap tahun. Zairin memastikan APBD Kalimantan Timur akan menganggarkan subsidi ini. "Setiap tahun selalu ada masalah, APBD perubahan akan kami alokasikan untuk penanggulangan Januari-Maret," kata dia kepada para demonstran.

sumber :
http://www.tempo.co/read/news/2013/04/03/058470938/Pesawat-Perintis-Berhenti-Warga-Perbatasan-Protes
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Tiket Pesawat dan Penerbangan Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...