Pilot Asyik Sms-an Jadi Penyebab Kecelakaan Pesawat

tikets-pesawat.blogspot.com > berita penerbangan > Pilot Asyik Sms-an Jadi Penyebab Kecelakaan Pesawat

Pilot Asyik Sms-an Jadi Penyebab Kecelakaan Pesawat - Jakarta - Ponsel sudah menjadi barang yang adiktif bagi penggunanya. Kebiasaan menggunakan gadget bagi pilot ternyata jadi salah satu penyebab kecelakaan pesawat yang selama ini terjadi.

Dari sekian banyak kecelakaan pesawat yang terjadi, beberapa di antaranya dipicu karena sang pilot menggunakan ponsel untuk sms-an di saat-saat genting seperti take off dan landing. Para penyelidik kecelakaan dari Badan Keamanan Transportasi Nasional AS menemukan fakta ini, demikian dari The Sydney Morning Herald, Kamis (11/4/2013).

Berita dan Informasi [ penerbangan ]

Diduga, pilot yang memegang gadget saat sedang bertugas mengakibatkan kecelakaan helikopter yang menewaskan 4 orang tahun 2011 lalu. Pilot diduga sms-an sehingga tidak menyadari keadaan pesawatnya. Kecelakaan yang menewaskan seluruh penumpangnya termasuk sang pilot ini terjadi saat udara cerah di Missouri, AS.

Pada kasus kecelakaan ini, lima dewan dari badan keamanan sepakat kecelakaan terjadi karena ada distraksi atau gangguan dari sekitar, yang diduga ponsel. Serta, kelelahan pada pilot sehingga melewati pemeriksaan pesawat sebelum terbang.

Pilot helikopter yang tewas, James Freudenberg (34), mengirim 25 pesan dan menerima 60 pesan sms selama 12 jam penerbangan. Jumlah sms ini termasuk 20 pesan balas sekitar 1 jam 40 menit sebelum kecelakaan.

Sebelumnya, Federal Aviation Administration (FAA) sudah mengeluarkan usul larangan menggunakan ponsel dan perangkat elektronik lainnya ketika mengoperasikan pesawat. Usulan yang dikeluarkan awal tahun 2013 ini menuai banyak opini terutama dari pihak pilot.

Bukan tanpa alasan, usulan ini dikeluarkan sebagai tanggapan atas insiden yang terjadi pada Oktober 2010 silam. Dua pilot maskapai Northwest Airlines asyik bermain laptop saat terbang menuju Minneapolis. Alhasil, mereka kelewatan tempat mendarat yang seharusnya karena terlalu sibuk dengan gadgetnya.

Sebenarnya, larangan pilot mengoperasikan alat yang berpotensial mengganggu selama penerbangan sudah diberlakukan sejak lama. Namun saat pesawat sudah masuk dalam keadaan dan zona aman, pilot dibolehkan menggunakan tablet untuk melihat prosedur keselamatan dan navigasi sebagai pengganti dokumen kertas.

sumber :
http://travel.detik.com/read/2013/04/11/125326/2217568/1382/pilot-asyik-sms-an-jadi-penyebab-kecelakaan-pesawat?8800041024

tikets-pesawat.blogspot.com > berita penerbangan > Pilot Asyik Sms-an Jadi Penyebab Kecelakaan Pesawat
Tags:

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Tiket Pesawat dan Penerbangan Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...