Ini Dua Pesawat Baru Boeing & Airbus yang Kembali Bersaing

tikets-pesawat.blogspot.com > berita penerbangan > Ini Dua Pesawat Baru Boeing & Airbus yang Kembali Bersaing

Ini Dua Pesawat Baru Boeing & Airbus yang Kembali Bersaing - Paris - Persaingan antara produsen raksasa pesawat dunia yaitu Boeing dan Airbus terus terjadi. Kali ini kedua pabrikan tersebut menyiapkan pesawat penerbangan sipil terbaru, dan keduanya menyatakan pesawat-nya lebih unggul.

Boeing saat ini menyiapkan pesawat 777X yang diklaim produsen pesawat asal AS ini sebagai pesawat dengan badan terpanjang di dunia.

Boeing menghabiskan tahun 2010 dan 2011 untuk mengasah konsep pesawat 777X. Boeing membayangkan konfigurasi konsep 777X ini bisa terbang pada akhir 2017 atau 2018 dan memasuki layanan pada 2019.

Berita dan Informasi [ penerbangan ]

Boeing 777 memang diproduksi untuk jarak jauh. Di Indonesia, maskapai penerbangan - Garuda Indonesia memakai Boeing seri 777-300ER untuk memberangkatkan jemaah haji ke tanah suci, Mekkah.

Boeing 777X ini akan memiliki sayap yang lebih panjang dari 777 seri sebelumnya. Adapun panjang sayapnya mencapai 71 meter.

Saat ini Boeing menyiapkan seri 777-9X yang berkapasitas 400 kursi dan mampu menempuh penerbangan jarak jauh.

Pihak Boeing menolak untuk membuka spesifikasi pesawat terbarunya. Namun Juru Bicara Boeing Karen Crabtree menyatakan telah membuka detil pesawat kepada calon pembelinya.

Kalangan ahli pesawat mengatakan, pesawat berbadan panjang ini belum memiliki pasar yang luas. Karena dalam dunia penerbangan modern saat ini, waktu penerbangan rata-rata hanya 15 jam, jika diperpanjang, maka jumlah bensin yang dihabiskan akan makin banyak.

"Mereka membutuhkan sayap yang besar dengan kapasitas bensin yang besar. Ini berarti struktur pesawat akan lebih berat," ujar Konsultan dari Teal Group Richard Aboulafia dikutip dari Reuters, Sabtu (4/5/2013).

Tak hanya bensin, namun penerbangan panjang juga membutuhkan makanan dan kru penerbangan lebih banyak. Jadi biaya penerbangan untuk pesawat besar makin mahal. Sementara maskapai penerbangan harus menerapkan keseimbangan antara biaya yang mahal dengan menambahkan ke harga tiket.

Boeing menyiapkan pesawat terbarunya ini untuk menyaingi rivalnya yaitu Airbus yang sedang mempersiapkan pesawat besar terbarunya yakni A350-1000 dengan kapasitas hampir sama. Pihak Airbus mengatakan, A350-1000 meruapakan pesawat terbesar di jenis A350, namun akan lebih murah karena semua badan pesawat akan dibuat dari carbon fiber yang ringan.

Namun ironisnya, dua rival produsen pesawat ini justru tidak bersaing di kelas pesawat yang lebih kecil dan lebih efisien biayanya.

sumber :
http://finance.detik.com/read/2013/05/04/152403/2238022/1036/ini-dua-pesawat-baru-boeing-airbus-yang-kembali-bersaing?991104topnews

tikets-pesawat.blogspot.com > berita penerbangan > Ini Dua Pesawat Baru Boeing & Airbus yang Kembali Bersaing
Tags:

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Tiket Pesawat dan Penerbangan Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...